RSS

Radio Sekolah

PROFIL SNI PROFIL SNI SUARA NURUL ILMI RADIO KOMUNITAS SMP NEGERI 3 KALIBAGOR I.

Pendahuluan

Radio adalah media auditif, yang hanya bisa dinikmati dengan alat pendengaran. Radio menjadi media penyampai gagasan, ide dan pesan melalui gelombang elektromagnetik, berupa sinyal-sinyal audio. (Dodi Mawardi, 2007)

Sedangkan menurut Undang-undang Penyiaran no 32/2002: radio adalah kegiatan pemancarluasan siaran melalui sarana pemancaran dan/atau sarana transmisi di darat, di laut atau di antariksa dengan menggunakan spektrum frekuensi radio melalui udara, kabel, dan/atau media lainnya untuk dapat diterima secara serentak dan bersamaan oleh masyarakat dengan perangkat penerima siaran, yang dilakukan secara teratur dan berkesinambungan.

Suara Nurul Ilmi ( SNI ) adalah merupakan Lembaga Penyiaran Radio Komunitas yang didirikan oleh SMP Negeri 3 Kalibagor untuk keperluan pendidikan. Konsep pengelolaan radio ini dimulai pada tahun pelajaran 2008/2009 sebagai radio yang berbasis musik, namun secara pelahan bermetamorfosis menjadi radio yang berbasis edukasi. Keberadaan SNI diharapkan dapat dijadikan sebagai media untuk aktualisasi para siswa, baik secara individu maupun organisasi yang ada di sekolah.

Selain sebagai media aktualisasi siswa, SNI juga dapat dimanfaatkan oleh Para Guru dan Manajemen Sekolah sebagai media Praktikum mata pelajaran dan ekstra kurikuler hingga publikasi tentang sekolah beserta kebijakan-kebijakannya kepada masyarakat pada umumnya maupun siswa dan orangtuanya pada khususnya. Sebagai suatu lembaga penyiran radio, SNI menggunakan Spektrum Frekuensi Radio berjenis Frequency Modulation ( FM ) yang berkekuatan 89,20 MHz sejak mulai beroperasi secara kontinyu mulai tanggal 1 April 2009.

Sedangkan kegiatan penyiaran ini diselenggarakan dibawah tanggung jawab Kepala Sekolah yang dikelola dengan struktur organisasi terlampir.

II. Identitas

Nama Radio : Suara Nurul Ilmi ( SNI ) FM

Modulasi : 89,20 Mhz

Sistem Transmisi : Analog Terestrial

Alamat : SMP Negeri 3 Kalibagor Jl. Kalianja Petir, Kalibagor

Penyelenggara : SMP Negeri 3 Kalibagor

Radius Jangkauan : 5 km

III. Struktur Organisasi

Struktur Organisasi Kepengurusan Radio Suara Nurul Ilmi FM adalah sebagai berikut:

Penanggungjawab : Drs. Agus Sumbodo ( Kepala Sekolah )

Wakil Penanggungjawab : Resmiyati, S.Pd. ( Wakil Kepala Sekolah )

Ketua Pelaksana Harian : Sudiro, S.Pd.

Sekretaris : Siti Khasanah

Kepengurusan SNI mengakomodasi dan memfasilitasi berbagai segmen penyiaran dalam batas-batas kemampuan baik yang bersifat instrumental maupun kemampuan teknis dan non teknis personel yang ada.

IV. Pembiayaan

Segala pembiayaan yang timbul dari kegiatan ini bersumber dari anggaran yang sah di Sekolah yang tertuang pada RAPBS dan sumber-sumber lain yang sah berupa hibah dari pihak ketiga dan bukan merupakan sponsorship yang bermotif profit.

V. Sarana dan Prasarana

Sebagai tempat studio sementara SNI menggunakan salah satu dari dua ruang konseling yang ada di ruang Bimbingan dan Konseling dan diharapkan dalam waktu 1 tahun menjalankan kegiatannya SNI sudah memiliki ruang studio sendiri yang dianggarkan dari RAPBS pada tahun berikutnya. Sedangkan peralatan berupa 1 unit pemancar FM transmitte, aerial dan tower 15 m, 1 unit computer spesifikasi prosesor Pentium III dengan RAM 256 multimedia. 1 buah mikrofon , 1 buah headset dan 1 buah radio receiver mini compo dual band National untuk control penerimaan.

A. Statistik peralatan produksi siaran radio SNI adalah sebagai berikut:

1 Tape Recorder Tidak Ada

2 Walk Man Tidak Ada

3 Headphone/earphone 1 (juga untuk on air)

4 Studio rekaman Tidak Ada

5 Mixer Tidak Ada

6 Microphone 1 (juga untuk on air)

7 Speaker 1 (juga untuk on air)

8 Komputer 1 (juga untuk on air)

9 Software Cool Edit Alternatif Audacity

B. Statistik peralatan studio siaran radio SNI adalah sebagai berikut:

1 Microphone 1(juga untuk produksi)

2 Audio Console (mixing console) Tidak Ada

3 Tape Recorder Tidak Ada

4 Real to real tape machine Tidak Ada

5 CD (compact disc) player/writer Tidak Ada

6 DVD (digital compact disc) player Tidak Ada

7 Turntable (piringan hitam) Tidak Ada

8 Power Amplifier (monitor) Tidak Ada

9 Headphone 1(juga untuk produksi)

10 Computer 1(juga untuk produksi)

11 Software Audia Player Winamp, WMA Player Ada Lengkap

VI. Segmentasi Materi Penyiaran

Selain music dan informasi singkat baik yang berasal dari media masa lainnya, segmen penyiaran edukatif disiarkan dengan basis unit kegiatan yang diikuti oleh siswa sebagai kegiatan ekstra kurikuler, bernuansa Seni, Olah Raga, Kerokhanian, Ilmiah, Teatrikal, Jurnalistik, Pramuka, PMR dan Pendidikan pendahuluan Bela Negara. Semua jenis unit kegiatan tersebut materi penyiaran dan teknis penyusunan/persiapannya merupakan tanggungjawab masing-masing unit kegiatan yang dimaksud untuk tujuan pengelolaan Radio Sekolah yang berbasis pendidikan, pengetahuan dan informasi. Untuk tujuan pembelajaran SNI FM juga menyelenggarakan segmen Mata pelajaran yang diajarkan di sekolah sebagai bagian dari kurikulum yang sedang berlaku baik dengan format informasi, paparan, kuis, bimbingan umum hingga konsultasi dan konseling secara umum dengan menganut prinsip kerahasiaan maupun kepatutan yang bersifat normatif. Standar Kompetensi ataupun kompetensi Dasar yang diudarakan bersifat fakultatif dan tidak mengikat baik kelengkapan materi maupun tujuannya karena keterbatasan kemungkinan pengolahan materi siaran yang berbasis bidang ajar tertentu. Namun materi ajar on air tersebut harus tetap mengacu pada SK dan KD yang ada di SMP.

VII. Time Schedule SNI memberlakukan jadwal siaran yang mencakup keseluruhan informasi, edukasi maupun entertainment yang pengelolaan, perencanaan maupun refleksinya dilakukan setiap awal dan akhir bulan untuk tujuan efisiensi, adaptasi dan innovasi. Entertainment mencakup semua genre yang ada dengan batasan etika, sopan santun, budaya dalam kerangka prinsip pendidikan.

VIII. Ciri Khas SNI Iklan : Nihil Radio Eksposure : Siaran mandiri, informasi sekolah Station Id’s : SNI FM (Radionya Cowok – cewek SMP Negeri 3 Kalibagor Sahabat Pelajar Opening/Closing (Tune/Cue) : dalam proses produksi Waktu Tayang : Senin – Sabtu Jam 13.00 – 16.30 (Sementara)

IX. Tugas dan Tanggung Jawab personil

A. Pembagian Tugas Pengurus dalam Produksi siaran radio adalah sebagai berikut:

1. Hiburan/Musik: a. Produser b. Penulis Naskah/Riset c. Direktur Musik (Music Director)

2. Berita: a. Produser b. Reporter c. Penulis Naskah/Riset d. Operator Produksi 3. Kemasan Pendukung: a. Produser/Kreator b. Penulis Naskah c. Operator Produksi

B. Sedangkan Tanggungjawab tiap personil dalam produksi siaran radio

1. Produser: a. Bertanggung jawab atas produk yang dihasilkan. b. Menyediakan produk tepat pada waktunya. c. Mengkoordinir tim produksi. d. Mengatur alur kerja tim produksi. e. Menyediakan semua keperluan tim produksi. f. Menjadi jembatan tim dengan pihak lain.

2. Penulis Naskah: a. Menyediakan naskah sebagai bahan produksi/bahan siaran. b. Menyediakan bahan tepat pada waktunya. c. Memastikan keakuratan data dan pengayaan data melalui riset.

3. Reporter: a. Mencari bahan di lapangan/luar kantor. b. Menyediakan naskah siap baca. c. Menyampaikan laporan dari lapangan

4. Direktur Musik: a. Menyediakan musik yang dibutuhkan. b. Memberikan masukan musik yang tepat. c. Melaksanakan tugas tersebut sesuai waktunya.

5. Operator Produksi: a. Memproduksi sesuai perintah produser. b. Memiksing bahan mentah menjadi sebuah bahan layak siar. c. Mengerjakan dalam tempo sesuai keperluan tim

X. Harapan

Radio Suara Nurul Ilmi FM diharapkan :

1. Sampai dengan akhir tahun pelajaran 2008/2009 dapat melakukan siaran secara rutin dalam durasi 3 jam setiap hari dan semua anggotanya dapat dengan lancer melakukan latihan siaran secara mandiri dalam kelompok yang terdiri dari 4 orang.

2. Sampai dengan akhir tahun pelajaran 2009/2010 dapat melakukan siaran secara rutin dengan segmen lengkap durasi 5 jam setiap hari dan semua anggotanya dapat dengan lancer melakukan latihan siaran secara mandiri secara berpasangan. Tersedianya alat produksi secara lengkap dan kekuatan transmitter radio dengan radius lebih dari 5 km secara jernih.

3. Sampai dengan akhir tahun pelajaran 2010/2011 dapat melakukan siaran secara rutin dengan segmen dan kualitas siaran yang baik durasi 8 jam setiap hari dan semua anggotanya dapat dengan lancer melakukan siaran secara mandiri baik secara berpasangan maupun individual. Tersedianya alat studio secara lengkap dan kekuatan transmitter radio dengan radius lebih dari 10 km secara jernih.

4. Sampai dengan akhir tahun pelajaran 2011/2012 dapat melakukan siaran secara rutin dan utuh dengan semua segmen yang digarap secara professional durasi 12 jam setiap hari dan semua anggotanya dapat dengan lancer melakukan siaran secara mandiri. Modifikasi alat studio dari analog terrestrial menjadi digital ( In-Band/On Channel/IBOC ) sehingga kualitas suara menjadi jauh lebih tinggi dengan technology turbo stereo dan kekuatan transmitter radio dengan radius lebih dari 25 km secara jernih.

 

10 responses to “Radio Sekolah

  1. bedjo

    July 1, 2009 at 1:14 pm

    kok banyak yang tidak ada . minta dong pada pak kep sek lanjutkan lebih baik lebih cepat jadikan perubahan

     
  2. smpn3kalibagor

    July 28, 2009 at 4:19 am

    Mohon Doanya mas bejoooo agar lebih lengkap lagi

     
  3. david dev

    August 11, 2009 at 6:39 pm

    aq mnt tolong bt smua pngurus sltp n 1 kilibaor,tolong dong tampilkan daftar alumni/us dr thn plajaran 2000-2004
    tolong banget!!! trimakasih.

     
  4. david dev

    August 11, 2009 at 6:40 pm

    aq mnt tolong bt smua pngurus sltp n 1 kilibaor,tolong dong tampilkan daftar alumni/us dr thn plajaran 2000-2004
    tolong banget!!! trimakasih

     
  5. mamase

    February 3, 2010 at 4:45 am

    nah iya cocok kuwe karo mas bedjone, nambah maning angger esih kober kuwe kang diwenge, kang dirone, kang tejone, pada terus profesore yatno, aja kelalen karo sembur kuwuke mbaeh ….tuli wis mahir wong amben dina nang sekolahan nguthik uthik apa baen ….

     
  6. rifat

    August 26, 2010 at 1:27 am

    mau tanya donk… bagaimana dengan frekuensi yang didapat apakah harus ijin dlu atau tidak? lalu apakah frekuensi yang di punya tidak mengganggu frekuensi pihak lain?

     
    • smpn3kalibagor

      December 30, 2010 at 10:54 pm

      Bukan hanya ijin Mas Rifat, tapi dukungan penuh dari RRI Purwokerto (Pro 2 FM/ Maturnuwun Pak Hanif)berupa binaan kompetensi secara rutin. Binaan juga datang dari KGI (Kang Guru Indonesia)/Radio Australia, IALF (Indonesia Australia Language Fundation).
      Atau mungkin Mas Rifat punya sumber binaan lainnya…?
      Mohon doa restu agar Radio Sekolah SMP Negeri 3 Kalibagor dapat berkembang menjadi sumber belajar berbasis Website.
      Wah kalau yang ini butuh bantuan anda dengan lebih “gila” lagi.

       
  7. bambang

    December 2, 2014 at 4:09 am

    YTH Pimpinan Radio SMP 3 Kalibagor.

    kami sekolah muhammadiyah akan membuat radio komunitas sekolah. permasalahan yg kami temui bahwa perijinan sesuai ketentuan untuk radio komunitas sekolah serupa dengan perijinan untuk radio komersial. hal ini yang merepotkan kami. untuk itu kami mohon saran Bapak.

    Bambang (Peruruan Muhammadiyah Kebayoran Lama Jakarta Selatan)

     
    • smpn3kalibagor

      January 5, 2015 at 3:15 am

      To Pak Bambang (Perguruan Muhammadiyah Kebayoran Lama JAKSEL)
      Pengalaman kami, berdiri ekskul Radio dulu, hubungi RRI setempat untuk minta bantuan pembinaan, setelah itu RRI menawarkan bantuan teknis dan pelatihan. Terus, RRI memberikan space frekwensi. Gampang koq pak. Selamat Mencoba!

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: